Selasa, 10 Februari 2015

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar









 Mengatasi Ngantuk Saat Belajar Dengan Cara Sederhana
Mengatasi ngantuk saat sedang belajar memang tidak mudah, apalagi jika pelajaran yang sedang dipelajari cukup membuat kita bosan. Ketidaksukaan terhadap sebuah mata pelajaran tertentu memang seringkali membuat kita mengantuk saat sedang belajar. Atau mungkin mengerjakan soal-soal atau pekerjaam rumah yang tidak kunjung selesai juga akan membuat kita bosan dan mengantuk. Banyak cara dilakukan untuk mengatasi ngantuk saat belajar agar dapat menyelesaikan proses belajar dengan baik.
Tidak hanya saat mengerjakan soal saja, membaca sebuah referensi yang cukup panjang juga kerap menyebabkan rasa kantuk yang tidak tertahankan. Mengantuk bisa mengganggu jika memang kita sedang mempelajari sesuatu yang penting dan kita dituntut untuk lebih cepat dalam mempelajarinya. Mengatasi ngantuk harus diutamakan agar kita tidak kalah dengan “musuh” yang dapat menyerang kapan saja ini. Terutama saat harus mengejar target atau deadline dari sebuah tugas atau pekerjaan. Bahkan tidak sedikit juga mahasiswa dan pelajar yang mengaku tidak dapat mencapai target belajar dikarenakan selalu mengantuk saat sedang belajar.
Cara mengatasi ngantuk saat belajar
Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi ngantuk saat belajar, bekerja, atau mengerjakan tugas lainnya.
1.     Duduklah dalam posisi yang rileks dan nyaman, dimana antara paha dengan badan membentuk sudut 90 derajat. Artinya duduklah di kursi yang memungkinkan posisi paha Anda lurus ke depan dan posisi badan tegap, lalu taruhlah kedua tangan diatas paha. Kemudian tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi langkah tersebut hingga tiga kali.
2.     Selanjutnya untuk mengatasi ngantuk saat belajar bisa dilanjutkan dengan mengambil posisi duduk sempurna seperti pada nomor 1. Setelah itu tutup lubang hidung kanan dengan memakai jari telunjuk Anda, kemudian tarik napas dalam-dalam dari lubang hidung kiri. Setelah itu lepaskan telunjuk dan tutup lubang hidung sebelah kiri, lalu keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kanan secara perlahan. Lakukan langkah tersebut hingga tiga kali.
3.     Gosokkan kedua telapak tangan beberapa kali hingga terasa panas karena gerakan kinetik, setelah itu usapkan pada wajah dan terutama menyentuh bagian kelopak mata. Dengan begitu Anda akan merasa lebih segar dan bisa mengatasi ngantuk saat sedang belajar atau bekerja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar